Cara Mudah Share File Menggunakan Google Drive

Apa itu Google Drive? Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. 

Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dan dimanapun baik menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. File tersebut juga dapat di share kepada orang lain untuk berbagi pakai. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 5GB. Bagaimana kalau saya ingin menggunakan kapasitas lebih dari 5GB? Untuk menggunakan kapasitas lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.

Saya sendiri merasa beruntung bisa menggunakan fasilitas Google Drive. Mengapa demikian? karena dengan menggunakan Google Drive, berarti saya telah memiliki back-up file di internet sehingga jika suatu hari nanti terjadi sesuatu pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak atau hilang atau terkena virus dengan kata lain sudah tidak bisa diselamatkan lagi filenya, atau komputer/laptopnya rusak yang menyebabkan tidak dapat digunakan, maka file yang berada di Google Drive tetap aman dan tetap dapat diakses menggunakan komputer lain darimana saja yang penting sudah terhubung ke internet.

Setelah mengenal apa itu Google Drive, selanjutnya adalah mengenai bagaimana cara menggunakan layanan Google Drive.

Pertama dan yang paling utama adalah buka alamat http://drive.google.com ,kemudian log in menggunakan account google yang sudah ada.

Setelah login maka pilih menu My Drive, apabila belum ada data yang diupload maka pilih dropdown My drive yang nomor 2 pada gambar di atas terus pilih Upload files kemudian ikuti langkah selanjutnya sampai selesai.



Terus bagaimana cara untuk membagikan file tersebut? Setelah upload file selanjutnya pilih menu My Drive seperti nomor 1 pada gambar di atas. Kemudian pilih dan klik file  yang akan di share seperti pada nomor 2 pada gambar di atas, lalu klik icon Get link seperti nomor 3 pada gambar di atas. Terus copy dan share link tersebut.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Salam blogger :)  

2 Responses to "Cara Mudah Share File Menggunakan Google Drive"

  1. Kapasitas google drive saya sudah mau penuh.. solusinya gimana ya gan??

    BalasHapus