Sorting Array pada PHP

Sorting atau dalam bahasa Indonesianya pengurutan merupakan salah satu bagian penting dalam pemrograman PHP tentunya. Mengapa penting? karena sewaktu-waktu ketika ngoding membutuhkan pengurutan data dalam logic menampilkan data atau dalam pencarian data misalnya. Nah kali ini saya akan sedikit membagi kepada para pembaca semuanya tentang sorting array pada PHP.
Ada 6 sorting pada PHP. Apa sajakah itu? Yang pertama dan seterusnya yaitu sort, rsort, asort, ksort, arsort dan krsort. Tentunya semua jenis sorting array ini mempunyai fungsi yang sama yaitu itu untuk pengurutan perbedaannya hanya di cara mengurutkannya. Contohnya dalam pencarian di situs jual beli online dalam daftar barang biasanya ada yang  bisa diurutkan berdasarkan harganya  dari yang termurah ke mahal atau sebaliknya.

Berikut akan saya jelaskan beberapa contoh dan penggunaan dari sorting-sorting:
  • sort() - ini merupakan sorting dari terendah dan menaik atau biasa disebut ascending, contohnya kita mau mengurutkan angka maka akan ditampilkan dari angka terkecil ke terbesar begitu juga dengan abjad akan sesuai dengan urutan alfabet . Bingung tidak? Supaya tidak bingung berarti harus praktek. Coba ya contoh berikut:
Contoh sintak dengan angka:

<?php  
$angka=array(75,12,44,15,5);  
sort($angka);  
  
$array_length=count($angka);  
for($x=0;$x<$array_length;$x++)  
   {  
   echo $angka[$x];  
   echo " ";  
   }  
?>

Hasilnya akan tampil seperti gambar di bawah ini.















Contoh sintak dengan huruf:

<?php  
$huruf=array("R","A","S","L","I","H");  
sort($huruf);  
  
$huruf_length=count($huruf);  
for($x=0;$x<$huruf_length;$x++)  
   {  
   echo $huruf[$x];  
   echo " ";  
   }  
?>

Hasilnya akan tampil seperti gambar di bawah ini.















  • rsort() - bisa disebut juga order ascending, rsort() merupakan kebalikan dari sort() jadi mengurutkan dari atas ke bawah atau biasa disebut descending, untuk contohnya sama saja dengan sort()  tinggal mengganti sort() menjadi rsort().
  • asort() - bisa disebut juga ascending order ini merupakan sebenarnya sama dengan sort pada umumnya hanya berbeda karena bila ada dalam data ada berupa angka dan juga huruf misal nama beserta umur, jadi jika menggunakan asort() maka kita bisa mengurutkan dari umur bukan dari abjad nama.

Contoh: 



<?php
  
$usia=array("10000"=>"9","Budi"=>"3","Yana"=>"17");  
asort($usia);  
  
foreach($usia as $x=>$x_usia)  
    {  
    echo "Nama = " . $x . ", umur = " . $x_usia." <br>";  
    }  
?>



  
  • ksort() - bisa disebut juga ascending order, ksort() berfungsi sama dengan asort(), hanya kalau asort() mengurutkan isi array berdasarkan nomor, kalau ksort() berdasarkan huruf depan dari nama tersebut. Untuk contohnya ganti saja asort() menjadi ksort().
  • arsort() - bisa disebut juga order descending, arsort() adalah kebalikan fungsi dari asort(). Tentu cara kerjanya sama dengan asort(), perbedaannya hanaya di pengurutan, misalnya asort() mengurutkan dari angka terkecil ke terbesar maka arsort mengurutkan dari angka terbesar ke terkecil.
Contoh:

<?php  
$usia=array("Dodo"=>"9","Budi"=>"3","Yana"=>"17");  
arsort($usia);  
  
foreach($usia as $x=>$x_usia)  
    {  
    echo "Nama=" . $x . ", umur=" . $x_usia." <br>";  
    }  
?>

  • krsort() -bisa disebut juga descending order,  ksort() seperti arsort() yang merupakan kebalikan dari asort() maka krsort() adalah kebalikan dari ksort(). Pusing juga ya dibolak- balik :D Untuk contoh sama seperti arsort() bedanya ganti arsort() menjadi krsort().
Itu merupakan sorting-sorting yang ada pada array PHP. Sepintas dilihat sangat sedikit dan sepele tapi ini sangat berguna ketika dihadapkan dalam masalah pengurutan array. Demikian tutorial yang sangat simple mungkin ya tentang sorting array pada PHP, semoga mudah dipahami serta bermanfaat dan selamat mencoba, salam blogger :)

0 Response to "Sorting Array pada PHP"

Posting Komentar