Tips-tips Sederhana Meminimalisir Suhu Panas Pada Baterai Smartphone


Kali ini saya akan mengulas mengenai cara-cara penanganan dan penggunaan smartphone yang wajar guna menghindari baterai cepat panas atau overheat, dimana bisa menyebabkan baterai menggelembung, cepat drop, atau bahkan lebih berbahaya lagi yaitu baterai meledak.
Nah, beberapa saran berikut mungkin sedikit banyak akan bermanfaat nih buat anda semua yang sayang banget sama smartphone nya. Mohon disimak yaa ;)

1. Kelola dan atur sesuai porsi dan kebutuhan dalam penggunaan smartphone anda
Sudah sewajarnya memang jika kita memaksimalkan dan mengoptimalkan kecanggihan fitur yang ada pada smartphone kita, tapi perhatikan juga daya pendukungnya, dalam hal ini adalah kapasitas baterai. Hindari pemakaian smartphone untuk memainkan video resolusi tinggi dalam waktu lama, video call berjam-jam, sering digunakan memainkan game-game berat, dan upayakan untuk tidak mengaktifkan koneksi data saat sedang menelepon.


2. Pentingnya memperhatikan smartphone pada saat pengisian daya (Charging)
Hal ini mungkin yang harus benar-benar dicermati oleh anda para pengguna smartphone, karena akibat seringnya penggunaan smartphone saat charging akan lebih mudah menyebabkan baterai menggembung dan overheat. Ada beberapa saran nih buat meminimalisir hal tersebut yaitu melakukan pengisian teratur (biasakan melakukan pengisian sesuai waktu, tidak kurang atau terlalu lama, sampai baterai penuh maksimal dan biasakan untuk tidak cabut-pasang charger), jangan meletakkan smartphone anda di tempat tidur atau bantal karena tidak menyerap suhu panas baterai, tidak menggunakan smartphone anda untuk bermain game atau streaming pada saat charging, atau usahakan menaruh smartphone anda pada suhu normal dan pada tempat yang keras dan memiliki permukaan datar.


3. Hindari suhu panas saat menyimpan atau meletakkan smartphone anda
Mungkin tempat dengan suhu panas ini bukan hanya di sekitaran micro wave atau kompor saja, saat meletakkan smartphone dalam mobil juga harus memperhatikan suhu udaranya. Penempatan smartphone berdekatan dengan alat elektronik lain juga harus lebih diperhatikan, seperti hindari menaruh smartphone di dekat kipas laptop, di atas televisi atau tape/dvd player, atau berdempetan dengan powerbank yang sedang dalam proses pengisian.‎

Semoga tips yang saya ulas ini bermanfaat untuk para pengguna smartphone dalam menjaga keawetan sumber daya pada smartphone anda. Sayangi baterai anda, kelola penggunaannya secara baik dan tidak berlebihan demi kenyamanan anda ;)

2 Responses to "Tips-tips Sederhana Meminimalisir Suhu Panas Pada Baterai Smartphone"

  1. hp ane serem gan kadang gak di apa apa in panas sendiri ,kata orang sih bisa mungkin juga karena jaringan gak stabil katanya, bener ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan bisa juga karna itu, tapi susah ngatasinnya kalo jaringan yg jadi masalahnya

      Hapus