Cara Mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 30 second exceeded in C:\ pada WAMPP atau XAMPP



Sebagai programmer PHP atau yang sejenisnya, anda mungkin pernah berurusan dengan pesan error “Fatal Error: Maximum execution time of 30 seconds is exceeded in C:\wamp\www\wordpress\install.php on line 618”  yang artinya, masa eksekusi dalam satu proses pada webserver tersebut hanya dapat dilakukan dalam waktu maksimal 30 detik, apabila melebihi batas waktu maksimal maka akan muncul pesan error seperti itu. Ini bisa saja terjadi baik dalam localhost menggunakan XAMPP atau WAMP, juga kalau situs anda online pada web hosting. Pada kasus ini saya menggunakan WAMPP.  Apakah anda pernah menemukan hal seperti itu? Mungkin dari sebagian pembaca tulisan ini atau mungkin bahkan semuanya termasuk saya sendiri pernah mengalaminya. Baiklah saya akan membagikannya berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan ini berhasil lho. Haha
Bagaimana solusinya ?
Untuk mengatasi hal tersebut caranya sangat mudah. Ada 2 cara, yaitu dengan mengatur ulang pada php.ini atau membuat di baris paling atas di file php.

1. Konfigurasi melalui php.ini
Buka php.ini dengan cara buka XAMPP, pada bagian apache klik config dan akan muncul daftar file, kemudian pilih PHP (php.ini), atau dengan cara membuka file pada lokasi installan XAMPP, jika di install di drive C, maka lokasinya adalah , C:\xampp\php\php.ini . Kalau di WAMP buka php.ini dengan cara buka WAMPP, klik menu PHP dan akan muncul daftar file, kemudian pilih php.ini,  atau dengan cara membuka file pada lokasi installan WAMPP, jika di install di drive C, maka lokasinya adalah , C:\wamp\bin\apache\Apache2.4.4\bin\php.ini atau di C:\wamp\bin\php\PHP5.4.16\php.ini
Kemudian ubah parameter max_execution_time = 30 dengan angka yang lebih besar misalnya menjadi 600 ini berarti kita mengubahnya menjadi 10 menit karena satuannya adalah detik.
Selanjutnya simpan kembali file php.ini dan refresh web servernya.
2.  Konfigurasi pada file PHP nya
Caranya adalah dengan menyisipkan script ini_set('max_execution_time', 600); di setiap file *.php, ribet juga ya. Atau biar lebih mudah simpan di file index saja.

Kesimpulan
- Jika konfigurasi menggunakan php.ini, maka setiap halaman atau proses yang ada akan memiliki waktu eksekusi maksimal 600 detik.
- Jika menggunakan menyisipkan script ini_set('max_execution_time', 600); , maka hanya halaman yang disisipkannya saja yang memiliki waktu eksekusi 600 detik, yang lainnya akan tetap pada pengaturan defaultnya yaitu 30 detik.


2 Responses to "Cara Mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 30 second exceeded in C:\ pada WAMPP atau XAMPP"

  1. wah ane juga pernah gini ni gan , thank's bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah gan bisa bermanfaat.
      Jangan bosan gan kunjungi terus blog ane.

      Hapus