Chipset Pada Smartphone Android (Part 1)

Chipset dalam smartphone Android disebut juga sebagai SoC (System on a Chip) yang merupakan sebuah silicon chip berisi berbagai komponen di dalamnya. Komponen-komponen tersebut (yang terdiri atas prosessor, memory, pengolah grafis, USB controller, pengontrol pengelolaan daya, dan manajemen konektivitas network) yang secara sistematis terintegrasi dan bekerja sebagai pendukung kinerja smartphone. SoC sendiri dibuat sedemikian fungsional dan efektif, menyesuaikan dengan bentuk dari smartphone itu sendiri sehingga menghasilkan performa yang maksimal dengan pengelolaan daya lebih optimal.

Berikut beberapa vendor pembuat Chipset untuk smartphone Android yang mungkin pernah anda dengar atau lihat jika anda sering mengamati spesifikasi smartphone. Yuk kita ulas..

1. Mediatek

Merupakan pabrikan produsen Chipset besar berbasis di China namun terkenal dengan harga murah tapi termasuk jajaran kelas wahid. Chipset Mediatek, atau biasa disingkat MTK biasanya bisa anda temukan pada gadget-gadget lokal seperti LG G Pro Lite, Lenovo, Mito, Acer, Asus, IMO dan merk dari Asia lainnya. Bagi anda yang memiliki budget rendah mungkin smartphone Android dengan Chipset MTK bisa menjadi solusi. Berbicara kualitas tidak perlu ragu lagi, karena selain kinerja yang baik, untuk grafisnya disupport oleh PowerVR sehingga menghasilkan visualisasi yang baik dan smooth. Namun untuk masalah daya mungkin menjadi salah satu kekurangan chipset ini. Konsumsi baterai yang boros membuat anda harus cermat memilih gadget Android yang memiliki suplai baterai besar.


2. Qualcomm


Prosessor ini mungkin merupakan yang paling banyak digunakan oleh produsen-produsen smartphone dan tablet Android, karena merupakan chipset dengan performa paling baik diantara yang lainnya. Produsen asal Amerika ini juga telah mengembangkan type prosessornya menjadi 4 generasi, yaitu; Snapdragon 1, Snapdragon 2, Snapdragon 3, dan Snapdragon 4. Untuk pengelolaan grafiknya sendiri didukung oleh Adreno, yang merupakan anak perusahaan ATI. Buat kalian para gamers pasti tau kan bagaimana grafis dan visualisasi hasil dari produk perusahaan ATI. Chipset produk dari Qualcomm ini memiliki keunggulan dalam segi performa, dukungan grafis, koneksi 4G dan konsumsi daya. Jenis chipset yang terkenal dari Qualcomm adalah Snapdragon 800 dan Snapdragon 400. Qualcomm sendiri mengklaim prosessor single core buatan mereka memiliki clockspeed 1.4Ghz dan memiliki performa lebih baik dari prosessor lain yang sudah dual qore. Contoh beberapa smartphone dengan chipset dari Qualcomm adalah Motorola Fire XT, HTC Sensation XE, Samsung Galaxy W, dan Lenovo A706.‎

Selanjutnya baca disini Chipset Pada Smartphone Android (Part 2)

2 Responses to "Chipset Pada Smartphone Android (Part 1)"

  1. Wah thanks gan infonya. Jadi nambah wawasan ane nih gan, soalnya baru tau dikit tentang chipset n prosessor. Nice artikel gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama gan, thanks juga udah berkunjung :)

      Hapus