Array diff atau selisih dalam array

Setelah menulis tutorial tentang irisan dari dua buah himpunan atau array_intersect(), kali ini saya akan menjelaskan tentang selisih dalam array.

                Apa itu operasi selisih dalam suatu himpunan? operasi selisih dalam suatu himpunan adalah cara untuk mendapatkan isi satu himpunan yang tidak dimiliki oleh himpunan lain yang diselisihkan kepada himpunan yang pertama, atau secara sederhananya adalah mengurangi isi himpunan pertama dengan isi himpunan yang kedua sehingga isi himpunan yang pertama tidak ada yang sama dengan isi himpunan yang kedua, semua isi himpunan yang sama pada himpunan yang pertama dengan isi himpunan yang kedua dibuang.

                Fungsi untuk melakukan operasi selisih ini adalah dengan array_diff(). Berikut contoh scriptnya, silakan di coding.

<?php

$array_a=array(10,12,4,37,11);
echo "Isi array \$array_a <br>";
print_r($array_a);
echo "<br>";
$array_b=array("xy",10,4,5,11);
echo "Isi array \$array_b <br>";
print_r($array_b);
echo "<br>";
$selisih =array_diff($array_a, $array_b);
echo "Isi array \$selisih <br>";
print_r($selisih);

?>

Setelah script di atas dieksekusi maka berikut tampilan yang akan terlihat.



Fungsi array_diff menghasilkan isi $array_a yang elemennya tidak terdapat pada array $array_b. Contoh di atas memperlihatkan isi dari $selisih adalah 12 dan 37 yang berasal dari elemen $array_a  index 1 dan 3.


Sekian dulu tutorial dari saya, kalau ada yang belum ngerti boleh ditanyakan kalau ada yang salah mohon untuk direvisi. Kritik dan sarannya serta komentarnya gan baik untuk tulisan ini atau blognya. Semoga tulisan yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua, salam blogger J

0 Response to "Array diff atau selisih dalam array"

Posting Komentar