Array Union atau Array Merge, Pengertian dan Contoh

Array dalam PHP bisa dianggap sebagai himpunan sehingga kita dapat memberikan operasi himpunan pada array PHP. Tutorial kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang penggabungan himpunan array atau union.

Penggabungan array seringkali dibutuhkan untuk memudahkan manipulasi data dari beberapa array, dengan cara menggabungkan data array tersebut menjadi satu kemudian baru dimanipulasi.
Operasi penggabungan dilakukan untuk memudahkan menggabungkan dua array menjadi satu. Fungsi yang dapat digunakan adalah array _union() atau array_merge().

Berikut contoh menggabungkan dua array dengan operasi himpunan, silakan dicoding sendiri supaya bisa keliatan hasilnya  :

<?php
$array_a=array(1,2,5,7,11);
echo "Isi array \$array_a <br>";
print_r($array_a);
echo "<br>";
$array_b=array("xy",3,5,8);
echo "Isi array \$array_b<br>";
print_r($array_b);
echo "<br>";
$union=array_merge($array_a,$array_b);
echo "Isi array \$union<br>";
print_r($union);
?>


Disana ada script print_r(). Pengertian dari fungsi print_r() sendiri adalah fungsi yang digunakan untuk mencetak isi array secara otomatis (dumping). Untuk hasil dari array_merge() disimpan dalam variabel array $union.

Untuk hasil dari script diatas dapat dilihat sebagai berikut:



Dari gambar di atas terlihat bahwa pada array $union mempunyai 9 elemen, elemen dari $array_a disimpan pada bagian awal dan elemen dari $arrray_b disimpan pada bagian berikutnya.
Dari gambar di atas terlihat bahwa pada array $union mempunyai elemen dengan nilai yang ganda yang berasal dari variabel array $array_a dan variabel array $array_b yang sama tetapi dinyatakan sebagai elemen sendiri-sendiri.

Sekian dulu tutorial dari saya, kalau ada yang belum ngerti boleh ditanyakan kalau ada yang salah mohon untuk direvisi. Kritik dan sarannya serta komentarnya gan baik untuk tulisan ini atau blognya. Semoga tulisan yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua, salam blogger J


3 Responses to "Array Union atau Array Merge, Pengertian dan Contoh"