Fungsi String strpos()

Tutorial kali ini saya akan membahas tentang salah satu fungsi string dalam PHP yaitu fungsi strpos(). Apa itu fungsi string? Fungsi string yaitu fungsi yang digunakan untuk mengolah tipe data string atau memberikan tampilan dengan format tertentu.
Sedangkan fungsi strpos() sendiri digunakan untuk mengetahui posisi sebuah string di dalam string yang lain. Sintaksnya adalah sebagai berikut:

strpos(tujuan,pencari)

Jika pada string tujuan terdapat lebih dari satu karakter yang dicari oleh karakter pencari, maka karakter pertama yang ditemukan yang akan dipakai. Jadi ketika echo akan menentukan posisi karakter pertama yang ditemukan. Untuk operator pembanding dalam kondisional if bisa menggunakan operator !== apabila menggunakan != maka hasilnya kadang-kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Misalnya:


<?php

$mystring = 'abcdefbb';
$caristring   = 'b';
$pos = strpos($mystring, $caristring);

if ($pos !== false) {
     echo "String '$caristring' telah ditemukan dalam string '$mystring'";
     
echo " dan berada pada posisi $pos";
} else {
     echo "String '$caristring' tidak ditemukan dalam string '$mystring'";
}

?>



Mungkin saja ada yang bingung, sebenarnya untuk apa fungsi strpos() dipelajari kalau hanya untuk mengetahui posisi saja?   Nanti jika Anda mulai membangun sebuah aplikasi web, terkadang fungsi  strpos() tersebut baru akan nampak kegunaannya. Jadi sebelum membangun suatu aplikasi web harus belajar dasarnya dulu.

Sekian dulu tutorial dari saya, kalau ada yang belum ngerti boleh ditanyakan kalau ada yang salah mohon untuk direvisi. Kritik dan sarannya serta komentarnya gan baik untuk tulisan ini atau blognya. Semoga tulisan yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba, salam blogger ;) 

2 Responses to "Fungsi String strpos()"