PHP - Fungsi string substr()



Setelah kemarin menjelaskan tentang fungsi string strpos(), selanjutnya saya akan membahas tentang salah satu fungsi string dalam PHP yaitu fungsi substr(). Apa itu fungsi string substr()? Ayo kita bahas bersama.
Fungsi substr() yaitu sebuah fungsi yang digunakan untuk mengambil atau memotong teks/karakter berdasarkan indeks/nomor posisi huruf dari sebuah string. Indeks dimulai dari nomor 0 untuk posisi paling awal/kiri bukan dari kanan ya. Jika panjang string tidak disertakan, maka panjang string akan diambil dari posisi karakter yang telah ditentukan sampai akhir string.
Sintaks dasar atau struktur fungsi substr() dalam php sebagai berikut:

substr(string $string, int  $start[, int $length])
Untuk pengambilan string dimulai dari kanan (akhir dari string) bisa dengan cara memberikan nilai negative pada $start. Misalnya perhatikan contoh di bawah ini :

Contoh 1: Menggunakan nilai negative untuk $start
<?php
$test = substr("abcdef", -1);
echo $test."<br>";    //hasil "f"
$test = substr("abcdef", -4);
echo $test."<br>";    //hasil "cdef"
$test = substr("abcdef", -3, 1);
echo $test."<br>"; //hasil "d"
?>

Untuk pengambilan string dimulai dari awal string (sebelah kiri) bisa dengan cara memberikan nilai 0 atau nilai positive pada $start.

Contoh 2: Menggunakan nilai positive untuk $start

<?php
echo substr('abcdef', 1)."<br>";     // bcdef
echo substr('abcdef', 1, 4)."<br>";  // bcde
echo substr('abcdef', 0, 6)."<br>";  // abcd
echo substr('abcdef', 0, 5)."<br>";  // abcde
echo substr('abcdef', -1, 1)."<br>"; // f
?>

Agar lebih mudah memahaminya, ingat saja nilai string awal (dari kiri) adalah 0, sedangkan jika dari kanan (akhir string) adalah -1. Bagaimana mudah kan? Atau mungkin anda sekalian mempunyai teknik tersendiri untuk mempermudah dalam memahaminya.

Sekian dulu tutorial dari saya, kalau ada yang belum dimengerti boleh ditanyakan kalau ada yang salah mohon untuk direvisi. Kritik dan sarannya serta komentarnya gan baik untuk tulisan ini atau blognya. Semoga tulisan yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba, salam blogger :)

6 Responses to "PHP - Fungsi string substr()"