Tipe Data Dalam PHP Dan Contohnya










Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang tipe data dalam PHP. Dalam PHP, programmer tidak mendeklarasikan tipe data, tetapi Intepreter PHP akan menentukan secara otomatis tipe data tersebut . Jadi anda sebagai programmer tidak perlu mendeklarasikan tipe data tersebut jika ingin memberikan nilai pada suatu variabel. Anda dapat menuliskan fungsi gettype() untuk mengetahui type data dari nilai yang anda berikan.

           <?php
                $a = -5;
                $b = 0.6;
                $c = "Hai Dunia";
                echo "$a adalah type data ". gettype($a)."<br />";
                echo "$b adalah type data ". gettype($b)."<br />";
                echo "$c adalah type data ". gettype($c)."<br />";
           ?>

Ada 8 macam tipe data dalam PHP, diantaranya adalah :
1. Integer
Tipe data integer adalah tipe data yang berfungsi untuk menyimpan bilangan bulat, bukan desimal. Misalnya bilangan (11),(12),(13),(14),(15),(-11),(-12),(-13),(-14) dan lain-lain. Tipe data interger mempunyai range antara -2,147,483,648 sampai dengan +2,147,483,648 pada platform 32bit.
Tapi apabila terdapat data di luar jangkauan tersebut, maka PHP secara otomatis akan mengkonversikannya ke dalam tipe data Floating Point.
Integer merupakan tipe data yang berisikan bilangan bulat negatif dan positif, bilangan pecahan atau desimal tidak termasuk tipe data interger.
Tipe ini juga dapat dinyatakan dalam bentuk oktal (berbasis 8), desimal (berbasis 10), heksadesimal (berbasis 16). 

2. Double Floating
Tipe data floating point numbers biasa juga disebut dengan “double”, ” float” atau “real” adalah tipe data yang berguna untuk menyimpan bilangan desimal. Sebagai contoh (0.1),(1.3),(1.7),(1.8),(9.7),(2.4) dan lain-lain.


3.   Boolean
Tipe Data ini adalah tipe data yang paling sederhana. Hanya berupa true atau false.  Penggunaan huruf besar atau kecil sama sekali tidak mempengaruhi dalam penulisan tipe data boolean.

4.   String
String adalah sebuah tipe data yang terdiri dari kata, bisa berupa kata tunggal maupun kalimat. Penulisan string harus diapit oleh tanda petik, baik petik tunggal(‘ ‘) maupun petik ganda (” “).

5.   Objek
Tipe data object dibuat dengan tujuan agar para programmer terbiasa dengan OOP. Tipe data object bisa berupa bilangan, variabel atau fungsi. Data ini dapat dimasukkan ke dalam kode program sehingga meringkas beberapa fungsi dan memperkecil ukuran file.


6.   Array
Array atau Larik merupakan Tipe Compound Primitif, terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lain.
Tipe data array digunakan untuk menyimpan banyak data dalam satu variabel. Jenis array dalam php ada 3 (tiga) macam yakni :
  • Numeric Array
  • Associative Array
  • Multidimensional Array

7.   Null
NULL adalah Tipe Data yang tidak memuat apapun seperti dalam penggunaan fungsi unset(). Setiap Variabel yang diset menjadi Tipe Data NULL ini akan menjadikan Variabel tersebut kosong

8.   Resources
Tipe Data resources ini di berfungsi untuk menyimpan resourcesumber atau alamat. Variabel tersebut hanya dapat dibuat oleh suatu fungsi khusus yang mengembalikan nilai berupa resource seperti penggunaan fungsi mysql_connectmysql_query, fopenopendir dan semacamnya.

2 Responses to "Tipe Data Dalam PHP Dan Contohnya"