Pengaturan ClassPath pada Java

Hal yang paling mendasar dan harus dikuasai oleh programmer Java adalah memasang library karena Java terdiri atas kesatuan kesatuan antarobjek satu atau lebih yang membentuk aplikasi. Sehingga sebuah objek tertentu dapat digunakan dalam beberapa aplikasi yang berbeda. Untuk menghindari penulisan objek sama  berulang kali, objek tersebut dibungkus dalam sebuah paket tersendiri yang bisa dipakai dalam aplikasi lain.
Nah kali ini saya ingin berbagi tentang pengaturan classpath pada java. Pengertian path yaitu pemetaan suatu direktori pada system operasi agar direktori tersebut bisa dikenal secara global pada system.  Sedangkan pengertian Classpath adalah untuk memberitahukan pada Java bahwa sebuah class Java tertentu yang bisa berbentuk .jar atau .class disimpan pada direktori file tertentu.
Misalnya ada sebuah file jar yang bisa dipakai untuk driver database mysql dengan direktori filenya adalah c:\libku\mysql-con-bin.jar. Dengan melakukan setting classpath maka bisa mengenalkan pada mesin java tentang driver tersebut.
Ada beberapa cara untuk melakukan pengaturan classpath :
  1. Pengaturan classpath dari dos prompt
Tulislah perintah berikut :
SET CLASSPATH = c:\libku\mysql-con-bin.jar;%CLASSPATH%
  1. Pengaturan classpath dari windows 7
Ikutilah langkah berikut :
1)      Klik Start Menu pilih computer kemudian klik kanan pilih Properties, maka akan masuk pada jendela system
2)      kemudian pilih change settings maka akan muncul jendela system properties
3)      pililh tab Advanced, kemudian pilih Environment Variables.
4)      Pada system variables, tekan tombol New
5)      Pada jendela New System Variable, masukkan nama variable pada inputan Variable name dan isi variablenya pada inputan Variable value seperti gambar di bawah ini.



Mudah kan? Pastilah mudah. Kalau masih ada yang belum mengerti tentang pengaturan classpath silakan tanyakan saja di kolom komentar. Sekian dulu tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Salam blogger J

0 Response to "Pengaturan ClassPath pada Java"

Posting Komentar