Li-Fi, Teknologi Koneksi Internet Yang Jauh Lebih Cepat Dari Wi-Fi


Bagi anda para pengguna aktif internet, bersiaplah merasakan pengalaman menikmati koneksi internet dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dari koneksi Wi-Fi.
Karena akan segera hadir metode baru yaitu Li-Fi, yang merupakan metode pengaliran data dengan menggunakan spektrum yang terlihat daripada menggunakan gelombang radio, dan telah berhasil dalam uji cobanya.

Uji coba dengan metode Li-Fi ini telah dilakukan oleh salah satu perusahaan di Estonia yaitu Velmenni, di sebuah kantor di wilayah Tallinn. Dengan teknologi Li-Fi ini, pengguna diklaim mampu mengalirkan akses internet mencapai 100 kali lipat lebih cepat dari Wi-Fi konvensional. Untuk kecepatannya sendiri bahkan mampu mencapai 1 Gigabit per second (Gbps).


Teknologi nirkabel Li-Fi mungkin tidak bisa menggantikan sepenuhnya jaringan Wi-Fi yang ada saat ini, teknologi ini dapat digunakan bersamaan dengan Wi-Fi agar mendapatkan jaringan yang lebih efisien. Dikabarkan bahwa jika pengujian teknologi Li-Fi ini sukses, maka teknologi ini akan dikomersilkan pada beberapa tahun mendatang, kemungkinan 3-4 tahun. Pengguna Li-Fi dapat menggunakan lampu LED sebagai pemancar koneksi internet.

Sebelum teknologi ini diperkenalkan ke masyarakat luas, sebelumnya perangkat-perangkat saat ini harus dibekali dengan teknologi yang dapat menerima data dari cahaya Li-Fi. Para pengembang juga mengatakan, untuk membuat sebuah sistem jaringan baru tidaklah mudah, maka dari itu mereka harus menemukan cara untuk mengintegrasikan sistem yang baru ditemukan dengan sistem yang telah ada saat ini.

Apabila teknologi ini benar-benar telah diterapkan, maka untuk mendapatkan akses internet tak akan terkendala lagi oleh masalah dari faktor cuaca buruk. Terlebih setiap rumah atau gedung memiliki lampu sebagai sumber pencahayaan, dengan demikian setiap rumah atau gedung dapat memiliki akses internet masing-masing dengan kecepatan akses yang sangat tinggi.

1 Response to "Li-Fi, Teknologi Koneksi Internet Yang Jauh Lebih Cepat Dari Wi-Fi"